BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Dari sinilah silabus bermanfaat untuk sebagai pedoman dalam pengembangan
pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan
kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan
sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran
untuk satu SK maupun satu KD. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk
merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar
secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian
pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam
pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu
pada SK, KD, dan indikator yang terdapat di dalam silabus.
2. Perumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksut dengan rpp ?
2. Apa
silabus itu ?
3. Apa
yang di maksut prota?
4. Apa
yang di maksut promes?
3.
Tujuan
Penulis
1. Mengetahui
maksut dari rpp
2. Memahami
apa saja yang terdapat dalam silabus
3. Mengetahui maksut dari prota
4. Memahami
apa maksut dari promes
BAB II
PEMBAHASAN
A.
RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN )
adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai
satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam
silabus.
Ø Komponen Rpp
·
Standar
kompetensi
Adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan
ketrampilan yang diharapkan.Kompetensi Dasar
Adalah kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada standar kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi
tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik,
kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
·
Indikator
pencapaian
Adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk
menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian
mata pelajaran.
·
Alokasi
waktu
Adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu
kompetensi dasar tertentu.
·
Tujuan
Pembelajaran
Adalah tujuan yang berisi penguasaan kompetensi yang ditargetkan
dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
·
Materi
pembelajaran
Adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
dengan mengacu pada materi pokok yang ada di silabus.
·
Metode
pembelajaran
Adalah model atau pendekatan
pembelajaran
·
Langkah
– langkah pembelajaran
Adalah kegiatan yang memuat unsur kegiatan pendahuluan, kegiatan
inti dan kegiatan penutup.
·
Sumber
belajar
Adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam kegiatan
pembelajaran, yang dapat berupa buku
teks, media cetak, media elektronik, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan
lain-lain.
·
Penilaian
Hasil Belajar
Adalah proses kegiatan menentukan nilai atau membuat keputusan
tentang nilai atau membuat keputusan tentang nilai suatu .
Ø Langkah – Langkah Pengembangan Rpp
1)
Mengisi
kolom identitas.
2)
Menentukan
alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan.
3)
Menentukan
SK , KD, dan Indikator yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
4)
Merumuskan Tujuan pembelajarn berdasarkan SK, KD dan indicator.
5)
Mengidentifikasi
materi ajar berdasararkan materi pokok.
6)
Menentukan
metode pembelajaran.
7)
Merumuskan
langkah langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan
inti dan kegiatan akhir.
8)
Menentukan
alat / bahan /sumber belajar.
9)
Menyusun
kriteria penilaian
B.
SILABUS
adalah Desain
atau Rencana pembelajaran yan berisikan garis – garis besar rancangan
pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran/ tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian alokasi waktu dan sumber belajar.
Ø Prinsip Pengembangan Silabus
Untuk memperoleh silabus
yang baik, dalam penyusunan silabus perlu memperhatikan prinsip-prinsip
berikut:
§ Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus
benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Di samping itu, strategi
pembelajaran yang dirancang dalam silabus perlu memperhatikan prinsip-prinsip
pembelajaran dan teori belajar.
§ Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam
silabus harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual,
sosial, emosional, dan spritual peserta didik. Prinsip ini mendasari
pengembangan silabus, baik dalam pemilihan materi pembelajaran, strategi dan
pendekatan dalam kegiatan pembelajaran, penetapan waktu, strategi penilaian
maupun dalam mempertimbangkan kebutuhan media dan alat pembelajaran. Kesesuaian
antara isi dan pendekatan pembelajaran yang tercermin dalam materi pembelajaran
dan kegiatan pembelajaran pada silabus dengan tingkat perkembangan peserta
didik akan mempengaruhi kebermaknaan pembelajaran.
§ Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam
mencapai kompetensi. SK dan KD merupakan acuan utama dalam pengembangan
silabus. Dari kedua komponen ini, ditentukan indikator pencapaian, dipilih
materi pembelajaran yang diperlukan, strategi pembelajaran yang sesuai,
kebutuhan waktu dan media, serta teknik dan instrumen penilaian yang tepat
untuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut.
§ Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas)
antara KD, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber
belajar, serta teknik dan instrumen penilaian. Dengan prinsip konsistensi ini,
pemilihan materi pembelajaran, penetapan strategi dan pendekatan dalam kegiatan
pembelajaran, penggunaan sumber dan media pembelajaran, serta penetapan teknik
dan penyusunan instrumen penilaian semata-mata diarahkan pada pencapaian KD
dalam rangka pencapaian SK.
§ Memadai
Cakupan indikator, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian KD. Dengan prinsip ini, maka tuntutan kompetensi harus dapat
terpenuhi dengan pengembangan materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
yang dikembangkan. Sebagai contoh, jika SK dan KD menuntut kemampuan
menganalisis suatu obyek belajar, maka indikator pencapaian kompetensi, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan teknik serta instrumen penilaian harus
secara memadai mendukung kemampuan untuk menganalisis.
§ Aktual
dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu,
teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
Banyak fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi dan
dapat mendukung kemudahan dalam menguasai kompetensi perlu dimanfaatkan dalam
pengembangan pembelajaran. Di samping itu, penggunaan media dan sumber belajar
berbasis teknologi informasi, seperti komputer dan internet perlu dioptimalkan,
tidak hanya untuk pencapaian kompetensi, melainkan juga untuk menanamkan
kebiasaan mencari informasi yang lebih luas kepada peserta didik.
§ Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi
keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di
sekolah dan kebutuhan masyarakat.
Fleksibilitas silabus ini memungkinkan pengembangan dan penyesuaian
silabus dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.
§ Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah
kompetensi, baik kognitif, afektif, maupun psikomotor. Prinsip ini hendaknya
dipertimbangkan, baik dalam mengembangkan materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, maupun penilaiannya. Kegiatan pembelajaran dalam silabus perlu
dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik memiliki keleluasaan untuk
mengembangkan kemampuannya, bukan hanya kemampuan kognitif saja, melainkan juga
dapat mempertajam kemampuan afektif dan psikomotoriknya serta dapat secara
optimal melatih kecakapan hidup (life skill).
Ø Unit Waktu Silabus
o Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang
disediakan untuk setiap mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di
tingkat satuan pendidikan.
o Penyusunan silabus suatu mata pelajaran memperhatikan alokasi waktu yang
disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang
sekelompok.
o Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai
dengan SK dan KD untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada
struktur kurikulum.
Ø Komponen Silabus
a.
Kompetensi
Dasar
b.
Materi
pokok
c.
Kegiatan Pembelajaran
d.
Indikator
e.
Penilaian
f.
Alokasi
waktu
g.
Sumber
belajar
Ø Langkah – Langkah Pengembangan
Silabus
a)
Mengisi
kolom Identitas sekolah
b)
Mengkaji
dan Menentukan Standar kompetensi
c)
Mengkaji
dan Menentukan kompetensi dasar
d)
Mengidentifikasi
Materi pokok / pembelajaran
e)
Mengembangkan
kegiatan pembelajaran
f)
Merumuskan
Indikator pencapaian kompetensi
g)
Menentukan
jenis penilaian
h)
Menentukan
alokasi waktu
i)
Menentukan
sumber belajar
C.
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
adalah
rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam jangka
waktu satu tahun dengan memperhatikan analisis kurikulum beserta perhitungan
pekan efefktif.
D.
PROGRAM SEMESTER ( PROMES )
adalah
rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam jangka
waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap
minggu.
LANGKAH – LANGKAH PENYUSUNAN PROTA
DAN PROMES
ü Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar (KD) dan indikator dalam
satu tahun.
ü Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar(KD) dan indicator
ü Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk tiap semester
ü Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi dengan
memperhatikan pekan efektif.
BAB III
PENUTUP
v RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai
satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam
silabus.
v Silabus adalah desain atau Rencana pembelajaran yan berisikan garis
– garis besar rancangan pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau kelompok
mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi
dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian alokasi waktu
dan sumber belajar.
v Prota adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang
dibuat dalam jangka waktu satu tahun dengan memperhatikan analisis kurikulum
beserta perhitungan pekan efefktif.
v Promes adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang
dibuat dalam jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan
dan alokasi waktu tiap minggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar